Senin, 02 April 2018

Briket Arang Organik

Briket Arang
Sumber Energi dari Limbah Organik


      "Apa itu briket" ? sebagian orang tentulah masih belum banyak mengenal apa itu briket dan manfaatnya. Menurut wikipedia, Briket dapat diartikan sebagai blok bahan yang dapat dibakar dan dapat digunakan sebagai bahan bakar untuk memulai dan mempertahankan nyala api. Briket yang paling umum digunakan ialah briket batubara. Briket batu bara  diperoleh dari proses menambang baturbara dari perut bumi. Batu bara merupakan salah satuh jenis sumberdaya alam yang tidak dapat diperbaharui. Untuk mendapatkan batu bara pun memerlukan proses yang dapat dibilang merusak bumi. Oleh karenanya, kita harus lebih melirik sumberdaya alam yang ramah lingkungan.

BRIKET BATU BARA

Gambar 1. Briket Batubara
Source : Google Image


Gambar 2. Penambangan Batu Bara
Source : image of http://eksplorasi.id/yayasan-ulayat-bengkulu-sebut-das-terancam-pertambangan-batubara/


      Briket arang adalah salah satu bentuk solusi dalam mengurangi ketergantungan batu bara sebagai sumber energi.  Pada blog ini saya ingin berbagi pengalaman dan pengetahuan mengenai briket arang yang saya peroleh dari 'Pelatihan Pengolahan Sampah Pada Masyarakat" yang diselenggarakan pada tanggal 20-22 Maret 2018. Pelatihan di diadakan oleh Badan Penyuluhan dan Pengembangan SDM Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK) di Pendopo Wisata Kalibiru Kulonprogo, Yogyakarta.  Pada pelatihan ini ditekankah bahwa bahan yang digunakan merupakan limbah organik dari sisa rumah tangga ataupun industri kecil. Briket arang organik dapat dibuat dari bahan organik yang keras seperti batok kepala, kayu/ ranting, kulit durian, sisa gergajian, dan lain-lain. 
Berikut langkah-langkah dalam pembuatan briket arang

1. Siapkan bahan
Bahan dan alat yang disiapakan antara lain:
a. Arang organik. (Pada pelatihan arang yang digunakan ialah arang kelapa dan arang dari ranting yang sudah dibuat sebelumnya. Untuk pembuatan arang cukup sederhana tidak terlalu rumit, teman-teman dapat mencari di website yang tersedia di google :D )
b. Kanji (Kanji berfungsi sebagai bahan perekat arang, memadatkan arang)
c. Air secukupnya
d. Alat pencetak balok briket

2. Proses Pembuatan

Gambar 3. Arang kelapa dan Arang Ranting

Gambar 4. Mencampurkan arang dengan kanji
Larutkan kanji dengan air secukupnya. Perbandingan campuran kanji dengan arang ialah 1 :3 (1 kg larutan kanji dengan 3 kg arang)


Gambar 5. Pencetakan briket

Pencetakan briket dapat mengunakan alat press. Briket yang dihasilkan berbentuk seperti kaleng kecil. Cara lain untuk mencetak dapat menggunakan bambu yang sudah dipotong kecil (panjang kurang lebih 10-15 cm) atau sesuai dengan kebutuhan. 

Gambar 6. Penjemuran Briket

Proses penjembuaran dilakukan dibawah terik matahari kurang lebih selama 2 hari. Briket yang telah kering benar akan berubah warna agak lebih terang.

Briket yang sudah siap dapat digunakan sebagai sumber energi panas. Biasanya penggunaan briket untuk proses memasak. Panas yang dihasilkan briket lebih tahan lama dengan suhu lebih tinggi dibandingan menggunakan balok arang. 


1 komentar: