Rabu, 04 April 2018

Pengolahan Sampah Plastik

Memberikan Nilai Jual Sampah Anorganik


       Kebutuhan manusia di setiap harinya sangatlah banyak mulai dari pagi bangun tidur hingga menjelang malam untuk beristirahat. Dari setiap kegiatan manusia pastilah menghasilkan yang namanya buangan/ sampah. Secara harafiah, sampah terbagi menjadi dua yakni sampah organik dan sampah anorganik. Berkaitan dengan sampah, sampah anorganik sangatlah susah diurai oleh bakteri pengurai. Contoh sampah anorganik seperti segala barang yang terbuat dari plastik, kaca, barang logam, dan barang tambang. 

Gambar 1. Sampah Kaleng dan Botol Plastik
Source : http://www.netralnews.com/news/nasional/read/129624/peduli.lingkungan..eco.bali.recyling.sia

       Dekade ini pengolahan sampah anorganik terus digalakan baik dari pemerintah maupun lembaga masyarakat. Telah banyak pemanfaatan sampah anorganik menjadi sesuatu yang memiliki nilai jual bahkan sampah anorganik di luar negeri diolah sebagai sumber energi. Pemanfaatan sampah organik yang paling sederhana adalah mengolahnya menjadi barang kerajinan. Pada bulan Maret 2018, kementrian lingkungan hidup dan kehutanan menyelenggarakan "pelatihan sampah dan lingkungan" di wisata alam songgolangit yg merupakan salah satu dari 9 lokasi wisata alam di kawasan hutan KPH Yogyakarta. Peserta pelatihan melibatkan masyarakat anggota Koperasi Notowono yang mengelola  Wana Wisata Budaya Mataram di RPH Mangunan KPH Yogyakarta. Pelatihan tersebut memberikan pengetahuan dan keterampilan dalam mengolah sampah organik dengan prinsip reuse, reduce, dan recycle. 

       Keterampilan yang diberikan saat pelatihan salah satunya ialah membuat kerajinan bunga dari plastik kresek. Pembuatannya sangat lah sederhana dan tidak memerlukan alat dan bahan dengan modal banyak. 

Gambar 2. Bunga Plastik Kresek



Bahan dan alat yang diperlukan ialah kresek bekas warna hitam dan putih, kertas roti, tangkai bunga, putik bunga, gunting, dan setrika. 
Cara membuatnya. bersihkan terlebih dahulu kresek yang akan digunakan. potong kresek menjadi 1 lapis. Lembarkan kresek kemudian lapiskan dengan kertas roti diatasnya . Panaskan setrika lalu gosok-gosok lapisan tersebut hingga tekstur kresek menjadi mengeras. Setelah dirasa kesek mengeras kemudian potong menjadi pesegi empat dengan panjang sisi minimal 5cm. Bentuk lah kresek sesuai dengan pola bunga yang diinginkan. Setelah itu pasangkan bunga pada tangkai dan putik bunga yang telah disiapkan. Bunga kresek sudah siap untuk di display kan. 

Gambar 3. Contoh Pola Bunga
Source : http://www.bintangtop.com/2016/08/kerajinan-bunga-mawar-dari-kertas.html


       Kerajinan bunga plastik dapat digunakan sendiri untuk mempercantik dekorasi rumah. Selain itu, bunga plastik juga dapat dijadikan peluang usaha.  Tidak semua masayarakat menghargai dan suka produk recycle seperti bunga plastik ini.Sehingga untuk menjadikan sebagai peluang usaha sebaiknya dengan menemukan distributor/ pedangan barang ramah lingkungan (environmental friendly) maupun memampilkan bunga plastik di pameran-pameran. Alangkan lebih baik jika usaha kerajinan plastik tersebut diusahakan oleh kelompok masyarakat.

Sedikit tambahan, berikut adalah hasil karya pengolahan sampah anorganik saat pelatihan.

Gambar 4. Piring plastik
Dibuat dari bagian tutup minuman ale-ale/ teh gelas yang dirangkai

Gambar 5. Tempah sampah Plastik

Gambar 6. Tempat sampah dari tutup botol bekas



0 komentar:

Posting Komentar