Kamis, 19 April 2018

Hidrogel Media Tanam

Hidrogel Si Media Tanam Warna Warni


       Apakah sobat pembaca sudah pernah dengar hidrogel??. Tulisan kali ini saya akan membahas tentang si warna warni hidrogel. Hidrogel merupakan benda bulat dari polimer buatan yang berasal karet dengan tingkat kekenyalan medekati agar-agar. Hidrogel mampu menyerap air dan dapat hancur alami sehingga aman digunakan serta ramah lingkungan. Penggunaan hidrogel dapat dipakai setelah dilakukan perendaman di dalam air hingga ukurannya lebih besar dari sebelumnya. Hidrogel sudah direndam dalam air tampak  seperti krital bening. Hampir semua orang yang baru mengenal hidrogel mengira vas bening yang diisi dengan hidrogel mirip seperti ditaburi kristal. Hidrogel tersedia beragam warna antara lain: merah, pink, biru, hijau, ungu, tosca, kuning, orange, putih, hitam, bening dan mix. 

 Gambar 1. Macam Warna Hidrogel

       Fungsi utama hidrogel digunakan sebagai pengganti media tanah tanaman. Pemanfaatan hidrogel lebih terkhususkan untuk tanaman hias yang mempunyai karakteristik tahan genangan air (kadar air berlebih), tahan kelembaban tinggi, tanaman indoor (yang dapat hidup dengan cahaya pantulan atau cahaya tidak langsung). Jenis tanaman yang dapat dipelihara dengan media hidrogel antara lain: Aglonema sp, Anthurium sp (berbagai jenis kuping gajah), Diffenbachia sp, Philodendron sp, Dracaena sp (bambu china, bambu jepang). Scidapsus sp (sirih belanda), Syngonium sp, Spathiphyllum sp, Cyperus sp (rumput payung), Cordyline sp (berbagai jenis hanjuang), Monsteradeciliosa (Philodendron berdaun belah), rumput hias (berwarna hijau dengan garis putih disisi daun dan berumbi), bambu rejeki, sansivera, sirih hias, sri rejeki, serta tanaman sayuran seperti caisim, selada dan kangkung. Meskipun hidrogel mempunyai kandungan air yang cukup tinggi namun tidak semua tanaman air bisa tumbuh baik menggunakan media hidrogel contohnya teratai dan enceng gondok. Hal tersebut dikarenakan teratai dan enceng gondok membutuhkan supply air yang sangat tinggi serta sinar matahari langsung. Hidrogel juga mampu mengurangi udara kering diruangan ber-AC. Taruh kristal hidrogel di dalam gelas atau wadah bening lalu letakkan di meja kerja maupun ruangan yang ber-AC. Keberadaan hidrogel mampu menjaga kelembaban udara ruangan. Manfaat tambahan hidrogel dapat dijadikan parfum ruangan. Caranya dengan merendam hidrogel dengan air yang sudah diberikan parfum atau minyak essensial. Hidrogel akan menyerap cairan parfum dan menyebarkan wangi nya ke ruangan.
Gambar 2. Hidrogel ungu campur kuning
Gambar3. Hidrogel di gelas cantik
Gambar 4. Warna-warni Hidrogel

Cara pamakaian hidrogel sangatlah mudah. Sebelum hidrogel digunakan perlu dikembangkan dulu dengan cara merendam dengan air yang sudah mengandung pupuk. Pupuk hidrogel dapat dibeli sepaket dengan hidrogelnya. Jika tidak punya pupuk hidrogel dapat menggunakan penyedap rasa misalnya ajimonoto dan motto. Berikut cara perendaman: siapkan 1 sachet hidrogel ukuran 5 gr direndam dengan 1000 ml air yang mengandung pupuk selama 4-5 jam. Setelah hidrogel mengembang buanglah sisa air kemudian bilas dan tiriskan selama 10 menit. Hidrogel siap untuk diaplikasi ke berbagai kreasi seperti vas bunga dan gelas cantik. Kandungan terbanyak hidrogel ialah air maka setelah beberapa waktu akan terjadi penyusutan volume. Untuk mengatasinya perlu disemprot air menggunakan handsprayer supaya kebasahan air merata ke semua hidrogel dengan catatan jangan sampai ada genangan air di dasar vas/ gelas. Selain itu juga dapat dilakukan perendaman ulang. Jika dirasa hidrogel kotor dapat ditangani dengan mengeluarkan hidrogel dari vas nya kemudian cuci dan rendam dengan air hangat selama 1 jam lalu tiriskan sekitar 30 menit. 
Untuk memperoleh pertumbuhan tanaman dengan tampilan yang tetap baik kita harus melakukan perawatan dan memperhatikan hal yang menjadi kendala rusaknya hidrogel. Beberapa hal yang perlu diperhatikan dalam pemeliharaan tanaman hidrogel yaitu:
1. Ruangan yang panas/ kurang sejuk, tidak ada pantulan sinar matahari dan terlalu pengap
2. Penirisan hidrogel ke dalam vas dan gelas haruslah jangan sampai menyisakan genangan air di dasar gelas/ vas. Genangan air di dasar wadah hidrogel dapat mengakibatkan busuk nya akar tanaman.
3. Jumlah akar tanaman tidak terlalu banyak ataupun tidak terlalu sedikit menyesuaikan kondisi vas bunga. 

Refrensi sumber :
fiorelshop.wordpress.com

Bagi yang berminat untuk mendapatkan hidrogel bisa menghubungi lewat email atau comment di blog ini.  Harga per bungkus Rp 6000,0 berat 5 gram dan sudah dtambah dengan penyubur.
Trimaskih. :)













0 komentar:

Posting Komentar