Kamis, 18 Oktober 2018

Kepayang (Pangium edule) : Produk Turunan Olahan Buah Kepayang

Konten blog kali ini saya akan bercerita tentang salah satu produk HHBK yang saya jumpai saat berada di Festival KPH di Yogyakarta. Festival KPH sendiri merupakan festival nasional dengan mengangkat tema produk-produk hasil hutan dari KPH Produksi di Indonesia. Singkat cerita, saat itu saya berkunjung ke stand BPHP Wil.IV Jambi. Disana saya disambut dengan baik dan diperkenalkan beberapa produk HHBK. Salah satu produk HHBK yang saya temui adalah produk turunan dari Buah Kepayang/ Kluwek. KPH Limau Unit 7 Sorolangun memproduksi produk turunan buah kepayang menjadi sabun mandi, sabun wajah, body lotion dan minyak goreng. Saya sangat senang akan produk tersebut karena buah kepayang/ kluwek yang saya ketahui pemanfaatannya hanya sebatas sebagai bumbu masakan. PErwakilan KPH Limau Unit 7 Soronlangun menjelaskan bahwa buah kepayang atau yang dikenal dengan nama ilmiah Pangium edule banyak tumbuh di daerah Sumatera. Sebagai salah satu tupoksi dari KPH Produksi yaitu dapat mengeskplore hasil hutan di wilayah ampuannya. Berbekal inovasi dan kerja keras team maka terciptalah produk turunan dari buat kepayang/ kluwek tersebut.
Oleh KPH Limau unit 7 Sorolangun yang baik hati :),  saya diberikan 2 botol sabun badan, 1 botol lotion dan 1 botol minyak goreng. Saya sangat senang sekali bisa mencoba produk kecantikan berbahan dasar alami. Tentunya pasti akan saya pakai. Saya akan mencoba mereview terhadap produk sabun dan lotion yang sudah saya pakai:
1. Sabun Badan Buah Kepayang atau Kluwek
Sabun badan buah kepayang yang saya pakai berukuran 100ml dengan varian jeruk dan apel yang dibandrol dengan harga Rp 25.000,-. Pertama saya pakai untuk mandi yang saya koreksi adalah wangi sabunnya. Berbeda dengan sabun mandi yang ada di pasaran, sabun kepayang memiliki bau yang tidak menyengat dan dapat dikatakan tidak wangi. Tapi saya tidak terlalu menghiraukannya karena sabun ini adalah alami, wajar jika tidak sewangi sabun di pasaran. Kemudian sabun kepayang tidak mengeluarkan banyak buih. Hal tersebut menandakan bahwa sabun kepayang tidak mengandung banyak bahan kimia seperti sodium lauryl sulfate. Bagi kebanyakan orang jika sabun tidak berbuih seperti tidak puas kalau mandi. Begitupun dengan saya, saya menggunakan sabun kepayang lebih banyak daripada saya memakai sabun di pasaran. Oleh karenanya sabun jadi cepat habis. Tapi sekali lagi perlu diingat , sabun kepayang adalah alami jadi wajar jika meminimalisir penggunaan bahan kimia. Terakhir yg saya review adalah hasil penggunaan sabun kepayang terhadap kulit saya. Pemakaian sabun kepayang memberikan efek keset dan kering pada kulit saya. Sabun badan di pasaran juga memberikan efek kering di kulit dan seringkali meninggalkan bekas sabun saat selesai mandi (saat badan sudah kering kemudian kulit digaruk pakai kuku akan muncul putih seperti sisa sabun, jadi harus banyak membilas badan jika menggunakan sabun pasaran). Saat menggunakan sabun kepayang, meskipun memberikan efek keset tapi tidak meninggalkan sisa sabun dan mudah sekali dibersihkan. Selain itu sabun kepayang memberikan efek kenyal di kulit. Sabun kepayang tersebut juga mengandung antiseptik yang dapat membantu membersihkan kuman-kuman di badan. Jadi menurut saya, sabun kepayang sangat recommended untuk dipakai..:D :D
2. Body Lotion Kepayang atau Kluwek
Bodylotion yang saya miliki berukuran 100ml dan dibandrol dengan harga Rp 25.000,-. Lotion kepayang berwarna putih dah berteksur padat. Tektur lotion kepayang sangat berbeda dengan lotion pasaran yang umumnya yang jauh lebih cair dan lebih lembut. Bau dari lotion kepayang sangat khas dan masih membawa wangi alami dari buah kepayang. Sekali lagi saya tekankan jika produk turunan kepayang memiliki bau yang khas dan tidak sewangi produk pasaran. Penggunaan lotion dapat diusapkan ke bagian kaki dan tangan maupun telapak kaki dan telapak tangan. Sebelumnya saat saya memberikan review dari sabun kepayang yang memberikan efek keset dan kenyal maka untuk lotion kepayang memberikan efek yang berminyak. Lotion kepayang sangat cocok untuk melembabkan kulit namun tidak membuat kulit menjadi lepek. Saya mengaplikasikan lotion kepayang cukup pada telapak tangan dan bagian punggung kaki dan tumit. Lotion kepayang lebih saya fungsikan sebagai handcream daripada lotion badan. Saya mempunyak kulit tangan yang kering terutama di pinggiran kuku yang sering mengelupas apalagi jika bekerja dibawah AC akan membuat kulit saya lebih kering lagi. Begitu pula dengan bagian kaki, saya aplikasikan ke punggung kaki dan tumit kaki untuk menghaluskan bagian yang kering. Sama seperti saya, ibu saya pun mempunyai kulit tangan yang jauh lebih kering dan mudah mengelupas dan kadang hingga terluka karena dikopek-kopek. Sewaktu saya pulang ke rumah, lotion kepayang saya berikan ke ibu saya dan ternyata beliau sangat cocok. Sekarang beliau selalu bawa lotion tersebut dan memakainya rutin. Dari hasil pamakaian lotion kepayang, menurut saya sangat recomended dan patut dicoba oleh teman-teman.. :D :D
     Produk turunan buah kepayang/ kluwek merupakan satu dari sekian banyak potensi hasil hutan bukan kayu yang masih perlu diekplore lagi. Masalah yang seringkali timbul terhadap produk baru HHBK adalah pasar dan pemasarannya. Pemasaran produk turunan buah kepayang masih sangat terbatas. Biasanya produk tersebut di display saat ada pemeran. Oleh karena itu, kita harus membantu memberikan apresiasi terhadap produk alami dan lokal dan juga mengonsumsinya. Saat pasar sudah di dapat dan didukung pemasaran yang baik maka akan membantu meningkatkan produksi produk buah kepayang. Jika produksi naik akan berdampak langsung pada peningkatan kesejahteraan petani maupun masyarakat yang terlibat dalam produksi produk turunan buah kepayang. Disamping itu pula, pohon kepayang (Pangium edule) yang temasuk langka setelah dikenal manfaatnya yang melimpah akan membatu dalam meningkatkan pelestarian pohon tersebut.

NB : Untuk mendapatkan produk kepayang dapat menghubundi medsos Instagram ____> https://www.instagram.com/kphplimauunit7sarolangun/?hl=id 
:D :D

Dokumentasi


Foto 1. Stand BPHP Wil IV Jambi




Foto 2. Sabun Badan Kepayan Varian Jeruk


Gambar 3. Macam Produk Turunan Buah Kepayang


Gambar 4. Macam Produk Turunan Buah Kepayang

1 komentar:

  1. Bosan tidak tahu mau mengerjakan apa pada saat santai, ayo segera uji keberuntungan kalian
    hanya di D*E*W*A*P*K / pin bb D87604A1
    dengan hanya minimal deposit 10.000 kalian bisa memenangkan uang jutaan rupiah
    dapatkan juga bonus rollingan 0.3% dan refferal 10% :)

    BalasHapus